-->

SMS Gratis

Senin, 09 Juli 2012

Pulang Bena-bena

Akhiarden kpk


Hari ini cuace di bumi khatulistiwe sedang terek-tereknye. Panas bedengkang dan bikin gerah semue orang.  Cuace yang udah panas ditambah agek dengan padatnye jalan A.yani Pontianak. Jalan terpanjang di bumi khatulistiwe. Lalu lalang kendaraan hiler mudek silih berganti. Setiap orang mengegas kendaraannye dengan cepat. Seakan-akan tak sadar agek kalau nyawenye cume satu. Mereke semue semangat ngebut,  memacu gas kendaraannye secepat kilat. Semue pengen nak cepat sampai kerumah.


Nampak diantara padatnye pengendara kendaraan siang itu seorang bujang berpakaian rapi. Motornye berhenti bersame kendaraan laennye karene lampu lalu lintas berwarne merah di bundaran UNTAN. Die tak peduli dengan gerahnyae cuace siang. Die malah menikmatinye. Pikirennye terbang jaoh ke kampongnye, Paret Berendam. Senyom tak lepas-lepas dari bibernya. Siape gerangan bujang ini? Die lah si Jangkong, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Tebayang di kepalanye senyom ibunye. Senyom bapaknye. Senyom keduwak adeknye yang pastinye udah besak sekarang. Maklom udah hamper setaon die tadak balek kampong. Padatnye jadwal kuliah ditambah agek die aktif dibeberapa organisasi  dan ngajar ngaji 10 rumah buat die tak bise balek. Untok memperpanjang idopnye di kote ni si Jangkong mesti bekerje. Nak ngarapkan kireman dari orang tue tak bise wa. Maklom orang tuenye cume petani upahan. Tak punye tanah sendiri. Abes itu harus menghidupi dua adeknye Suparnah dan Suparno.

Jangkong hanyot dengan memori beberape taon lalu. Tebayang Jangkong dengan saat2 die dolok ngambil upah dengan pak aji Dollah untok biaye sekolahnye. Tebayang gak die dengan senyom bapak emaknye sewaktu die yang anak orang paling misken dikampongnye  dapat beasiswa Outraching untok lanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran. Meleleh aek mate emak dan bapaknye waktu itu. Tak nyangke anaknye bise diterima jadi mahasiswa kedokteran. Tak nyangke nantek beberape taon kedepan ade gak keturonannye yang akan jadi dokter. 

          Jangkong baru tesadar bahwa die lagi di bundaran UNTAN saat ade bunyi klakson macam bunyi pesawat tempor amerika waktu nyerang Irak dibelakangnye. Ternyate lampu udah hijau dari tadek. Posisi motornye yang ditengah-tengah jadi penghalang kendaraan dibelakangnye untok melaju kedepan. Diliatnye kebelakang sebentar. Nampak wajah-wajah manas yang kepanasan nunggu motornye bejalan. Die benar-benar takot dengan pemandangan menyeramkan itu. Bise-bise die kenak lebau orang-orang yang kepanasn dibelakangnye. Cuace yang panas ditamabah agek tingkahnye yang melamonkan orang tuenye saat yang tak tepat bise buat die jadi sasaran amokan orang. Jangkongpon buru-buru nekan gigi satu untuk maju. Bedesut motornye maju kedepan. Tapi naas baginye, ternyate tanpa disadarinye lampu dah merah. Dari dari arah berlawanan datang menyambar sebuah truk tronton yang membawa banyak muatan. Tabrakan maot tak dapat terhindarkan dari kendaraan yang same-same melaju dengan kecepatan tinggi. Tuboh Jangkong tecampak dari motornye sejauh 10  meter. Motornye ringsek temasok kebawah trukct tronton. Helmnye bederai dan kepalanye juga pecah ngeluarkan banyak darah. Detik itu juga nyawenye tak tertolong. Die benar-benar pulang dan tak akan pernah kembali agek. Impiannye untok berjumpe dengan orang tue dan duak adeknye terpupus sudah. Limit usie kehidupannye berakhir sebelum die sempat mengucapkan sayonara kepada keluarganye, saudaranye, teman-temannye dan murid-murid ngajinye.

Kita saat ini sedang melakukan perjalanan pulang menuju rumah yang abadi. Aktivitas kehidupan yang padat ditambah lagi dengan masalah-masalah yang mesti diselesaikan membuat kita terlupa dengan perjalanan pulang yang sedang kita lalui. Banyak kita yang bahkan tidak punya keinginan untuk pulang ke kampung halaman karena nikmatnya kehidupan di negeri perantauan. Sehingga aktivitas menyiapakn bekal yang banyak untuk pulang sesuai yang Tuhan perintahkan tak pernah lagi kita lakukan. Kita malah berpikir bagaimana di negeri rantau ini bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya kekayaan. Agar rumah semakin indah. Agar kendaraan semakin mewah. Agar anak-anak bisa belajar di sekolah yang wah. Agar fasilitas hidup semakin didapatkan dengan mudah.

     Namun, ingin pulang atau tetap di perantauan kita semua tetap melakukan perjalanan pulang ke negeri abadi. Cepat atau lambat kita pasti akan pulang. Merugilah orang-orang yang sibuk menumpuk kekayaan di negeri rantau tanpa ada sedikitpun disisakan untuk dijadikan oleh-oleh pulang kampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika tulisan ini bermanfaat tolong dikomentari yach.....