-->

SMS Gratis

Sabtu, 12 Mei 2012

KRISIS IDOLA


Soraya Abias

Muhammad SAW

Sobat muda... tanggal 28 april yang lalu, Indonesia di bikin geger dengan konser Boy Band asal Korea Selatan yang Booming dengan lagunya Bonamana. Ada yang bisa menebak siapa mereka ?? Yupz… SUPER JUNIOR, sembilan cowok ganteng-ganteng, khas kulit putih serta suara indah mempesona dengan gerakan tubuh yang enerjik membuat mata tak berkedip melihat mereka.

             Konser  SUJU (panggilan akrab) di Indonesia disambut antusias oleh kawula muda negeri ini. Bahkan banyak para fans “suju” yang takut gak kebagian tiket dan rela berbondong-bondong ke Hotel Twin Plaza sejak 6 april 2012 lalu untuk antri tiket, padahal penjualan baru di mulai pada tanggal 7 april 2012. Mereka rela merogoh kocok ratusan ribu bahkan jutaan rupiah untuk melihat aksi idola mereka di atas panggung. Barangkali, ada sebagian para remaja putri yang merengek-rengek sama ortunya agar bisa dibelikan tiket “SUJU”.  Bukan hanya SUJU saja, konser Justin Bieber tahun lalu juga heboh banget, sampai-sampai ada fans justin yang menangis terisak-isak gara-gara gak bisa masuk melihat idolanya beraksi. 

Sobat muda… kira-kira kenapa ya SUJU, Justin Bieber, dan teman-teman mereka begitu digemari ? sampai-sampai penjualan tiket mereka laris manis terjual bak kacang goreng. Apa mereka para fans sudah mengenal betul idola mereka ? apa agama idolanya? sholat apa nggak? Perilaku sehari-hari ? mereka hidup tenang atau nggak? Dekat dengan miras atau narkoba nggak? OK… mereka sukses hidup didunia, tapi diakhirat nanti? Hayoo… bisa jawab ?? Sobat muda… inilah namanya krisis idola. Mengidolakan sesuatu hanya dilihat dari kulit luarnya saja tanpa menilik dalamnya.

Sekarang kita cari tahu apa sih idola itu ? menurut Oxford Advanced Learner’s Dictionary idola adalah: 1) a person or thing that is greatly loved or admired artinya seseorang yang sangat  dicintai atau dihargai, 2) … an image of a God, often carved in stone or wood and used as an object of worship artinya suatu citra Tuhan seringkali dipahat diatas batu atau kayu dan digunakan sebagai obyek penyembahan. Nah… sudah tahukan arti idola ? 

 O.. iya, kita juga harus tahu lho akal-akalan orang yang ingin menjauhkan kita dari islam. Kita harus waspada nih.. Samuel Swiemer, seorang orientalis barat pernah menyatakan dalam konferensi para missionaries tahun 1935 “misi utama kita adalah mengeluarkan seorang muslim dari islam supaya tidak punya hubungan apa-apa dengan TuhanNya, sehingga ia tidak punya ikatan akhlak sebagai pegangan hidup umat islam. Tugas kalian adalah mempersiapkan generasi baru yang jauh dari islam”. Ih… serem amatnya…

Lalu, kalau begitu… siapa dong yang mesti dijadikan idola? Idola seseorang bisa dikatakan sebagai cermin pribadi seseorang, jika ia mengidolakan seseorang yang sholeh, maka orang akan mengatakan ia juga soleh begitu pula sebaliknya. Rasulullah SAW bersabda

اْلمَرْؤُ عَلَى دِيْنِ خَلِيْلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلْ

Artinya, “pribadi seseorang sesuai dengan din kekasihnya, maka lihatlah dengan siapa kamu berkawan”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:
Dari Anas bin Malik: 


أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النّبََِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ :" مَتَى السَّاعَةُ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ :" مَا أَعْدَدْتَ لَهَا ؟" قَالَ :" مَا أَعْدَدْتُ مِنْ كَثِيْرِ صَلاَةٍ وَلاَ صَوْمٍ وَلاَ صَدَقَةٍ وَلَكِنِّي أُحِبُّ اللهَ وَرَسُوْلَهُ" قَالَ :" أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ" 

Ada seorang laki-laki bertanya kepada Rosulullah, kapankah hari kiamat itu ya Rosulullah? Rosulullah bertanya kepada orang tersebut: “Apa yang telah engkau persiapkan untuknya? “Lelaki itu menjawab: Aku tidak mempersiapkan untuknya dengan banyak sholat, puasa dan tidak pula banyak shadaqah. Tetapi aku mencintai Allah dan Rosul-Nya. Maka beliau bersabda: “Kamu akan dibangkitkan bersama siapa yang kamu cintai”.

Sobat muda…kata nabi Muhammad kelak kita akan dibangkitkan dengan orang yang kita cintai. Jika kita begitu mencintai suju dkk, berarti nanti kita akan dibangkitkan bersama mereka. Mau? Untung-untungan kalau mereka kesurga, kalau ke neraka kita juga ikut-ikutan ke neraka. Selamanya...

Bye the way,  siapa sih nabi Muhammad itu ? kenal gak ? atau hanya kenal nama aja tapi gak kenal pribadinya ? hehe… ini secuil kisah tingginya akhlak nabi…

Di sudut pasar di Kota Madinah ada seorang buta yang setiap harinya selalu meneriakkan Muhammad orang gila. Setiap hari ada orang yang menyuapkan makanan ke dalam mulutnya. Suatu hari orang buta tersebut merasakan jika orang yang menyuapinya kali ini bukanlah orang yang biasa menyuapinya. Berkatalah orang buta dan tua itu, “Kau bukanlah orang yang biasanya menyuapiku, ke manakah gerangan orang yang biasa menyuapiku.”

Orang yang ada di hadapannya bertanya, “Bagaimana kau tahu aku bukanlah orang yang biasa menyuapimu sedangkan engkau adalah orang yang tidak bisa melihat?” Orang tua itu pun menerangkan, “Orang yang setiap harinya menyuapiku akan mengunyah makanan itu lebih dahulu sebelum memasukkan ke mulutku karena ia tahu gigiku sudah tidak kuat lagi mengunyah makanan.”

Orang yang ada di hadapannya yang ternyata adalah Abu Bakar menahan tangis dan bertanya kembali, “Tahukah engkau siapa yang biasa menyuapimu setiap hari?” 

Orang tua dan buta itu pun menggelengkan kepala. Abu Bakar barkata, “Orang yang menyuapimu setiap hari adalah Muhammad yang biasa engkau caci maki dan sekarang ia telah tiada.”

Betapa terkejutnya orang tua itu mengetahui akan hal itu. Ia pun tersungkur menangis dan seketika itu juga mengucapkan kalimat syahadat sebagai sebuah pengakuan atas ke-Esa-an Tuhan dan kemulian 

Sobat muda… begitu tinggi akhlak nabi, seorang yang berhati lembut, tidak pernah membalas walaupun disakiti, seorang yang lebih memilih hidup sederhana walaupun memegang tampuk kekuasaan , yang hatinya tetap tawadhu’ walaupun sudah dijamin masuk surga. Sobat… bisakah kita meneladani akhlak nabi ? Banyak hikmah yang dapat kita petik dari hidup Rasulullah sebaliknya banyak hal yang sia-sia kita dapati dari idola-idola yang fana itu. Sobat, mari saatnya kita mengembalikan kembali arah kiblat kita untuk mencintai dan meneladani Rasulullah sebagai uswatun hasanah.
 
Ini ada sedikit tips meneladani akhlak nabi :
1.    Mengkaji Al-Quran, akhlak nabi Muhammad adalah Al-Quran. Al-Quran sebagai The Way of Life
2.    Mengkaji hadits-hadits nabi, hadits memberikan gambaran kepada kita akan akhlak nabi Muhammad yang mengagumkan
3.    Mengkaji riwayat hidup sahabat nabi, karena para sahabat selalu setia dan meniru nabi pada masanya.
4.    Mengkaji buku-buku tentang sejarah nabi. Kita akan mengenal perjuangan nabi dan dapat megambil hikmat yang mendalam
5.    Mengikuti akhlak nabi yang kita ketahui dengan 3 M. Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang terkecil dan mulai dari sekarang !
Wama tawfiqi illa billah

                                                (Soraya Abias)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika tulisan ini bermanfaat tolong dikomentari yach.....