-->

SMS Gratis

Jumat, 14 Desember 2012

Karena Waktu kita Hanya Hari ini

Akhiardenkpk*


Lihatlah hari ini
Sebab ia adalah kehidupan, kehidupan dari kehidupan
Dalam sekejap dia telah melahirkan berbagai hakikat dari wujudmu
Nikmat Pertumbuhan
Pekerjaan yang indah
Indahnya kemenangan
Karena hari kemaren tak lebih dari sebuah mimpi
Dan esok hari hayalah bayangan
Namun harii ini ketika anda hidup sempurna
Telah membuat hari kemaren sebagai impian yang indah
Setiap hari esok adalah bayangan yang penuh harapan
Maka lihatlah hari ini
Inilah salam untuk sang fajar
(Kalidasa, Salam Untuk Sang Fajar)

          Syair diatas begitu dalam .Mengandung pesan pembelajaran yang teramat menyentuh hati. Ya, kita memang  tak pernah tahu matahari yang kita nikmati hari ini apakah besok akan terbit lagi. Kita juga tak bisa mengulangi waktu yang telah terjadi sebelumnya. Kemaren hanya menyisakan kenangan  sejarah.dan esok adalah sesuatu yang masih misteri. Waktu kita hanya hari  ini. Waktu kita hanya saat menikmati udara yang Allah karuniakan hari ini. Saat mentari terbit pertama kalinya dihari ini saat itulah kita menikmati nafas baru dalam kehidupan kita.
            Ini bukan tentang pemaknaan yang salah kaprah tentang hakikat waktu. Ini adalah tentang upaya terukur untuk menghasilkan impian yang tak pernah luntur. Ini tentang upaya pemaksimalan potensi diri yang bisa kita karyakan untuk hari ini. Ini adalah masa dimana kita menyemai cita yang baru dan memanen cita yang lama. Ini adalah tentang penafsiran akan hakikat ruang yang Allah karunikan lagi kepada kita manusia yang tak punya daya apa-apa untuk mengubah hakikat waktu.
            Dua hal yang sering kita lalaikan dalam hidup ini adalah kesehatan dan waktu luang. Betapa kita baru menyadari nikmatnya setiap tarikan nafas saat hidung ini tersumbat. Betapa kita tahu tentang besarnya nikmat hidup tatkala kita melihat orang meregang nyawa dijemput kematian. Betapa kita baru mengetahui hakikat waktu saat kita telah semakin menyenja namu miskin karya. Miskin amal kebaikan yang bisa membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. Baru kita sadar ternyata waktu adalah nikmat teragung saat kita meliihat bayak orang yang telah berhasil menggapai kesuksesan ketika kita masih jalan ditempat. Padahal waktu untuk memulainya sama. 
            Lagi-lagi ni tentang pemaknaan yang cerdas tentang waktu. Ingat waktu kita hanya hari ini maka hendaknya diisi dengan amalan yang menentramkan hati. Kalaupun waktu yang telah dinikmati menjadi kenangan sejarah tak mengapalah karena usaha maksimal yang telah dilakukan dalam menghargainya. Karena waktu kita hanya hari ini maka tak akan ada penyia-nyiaan waktu dan amanah hidup. Karena waktu kita hanya hari ini maka tak akan ada waktu yang terbuang untuk sesuatu yang tak mendatangkan manfaat. Tidak juga waktu tersiakan untuk mengerjakan sesuatu yang mendatangkan kemudaratan. Kalau kita tidak menakulukkan waktu untuk hal yang berguna niscaya kita akan menjadi manusia tak bergua yang dilupakan sejarah. Seleum ini terjadi mari manfaatkan nikmat waktu tersisa untuk hal-hal berguna.
 
penulis : Ketua Komunitas Pena Khatulistiwa
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika tulisan ini bermanfaat tolong dikomentari yach.....