-->

SMS Gratis

Rabu, 01 Agustus 2012

Waktu tak Kan Kembali


Funtea Kpk
 
Seseorang sedang menunggu bis untuk pulang di sebuah halte. Ketika sebuah bis lewat, dia biarkan saja bis itu lewat dengan alasan sudah penuh.
Lalu bis itu berlalu dan orang tersebut duduk manis untuk menunggu bis selanjutnya. Sebuah bis datang lagi. “Bis ini sudah terlalu tua. Perlu perbaikkan.” Komentarnya dalam hati tanpa tergerak untuk naik ke bis tersebut. Bis itupun berlalu saja seperti bis pertama. Bis ketiga lewat. Tapi orang tersebut tidak naik juga dan bergumam dalam hati “Mobil ini tidak ber-AC, panas. Aku tunggu bis selanjutnya saja.” Bis pun berlalu lagi. Dan akhirnya bis keempat lewat, bis ini terlihat tidak banyak penumpang dan ber-AC. Jadi orang yang menunggu tadi akhirnya naik bis yang diinginkannya.

Selama di bis, si penumpang yang lama menunggu tadi terheran-heran karena bis yang ditumpanginya tidak jua melewati jalan yang seharusnya dilewati untuk menuju rumahnya. Sang penumpang tersebut baru menyadari bahwa bis tersebut bukan bis tujuan ke rumahnya.

Ilustrasi tersebut bisa memberi pelajaran untuk kita bahwa waktu adalah hal yang sangat penting. Seperti kata pepatah, “Waktu ibarat pedang.”

Semua yang terlewat masih bisa diantisipasi, kecuali satu hal yaitu waktu. Begitulah, waktu tidak bisa bereproduksi, memanjang, berhenti/kembali. Waktu hanya bisa berjalan lurus kedepan.

Jika anda ingin mengetahui seberapa penting nilai waktu, simak ilustrasi berikut!

  • Jika ingin mengetahui pentingnya waktu 1 tahun, tanyakan pada seorang siswa yang tidak lulus UAN.
  • Jika ingin mengetahui pentingnya waktu 1 bulan, tanyakan kepada seorang ibu yang melahirkan bayi premature.
  • Jika ingin mengetahui pentingnya waktu 1 minggu, tanyakan kepada seorang pimpinan redaksi majalah mingguan.
  • Jika ingin mengetahui pentingnya waktu 1 hari, tanyakan kepada seorang karyawan harian yang menghidupi 10 anak.
  • Jika ingin mengetahui pentingnya waktu 1 jam, tanyakan kepada seorang karyawan pabrik yang memiliki produktivitas tinggi.
  • Jika ingin mengetahui pentingnya waktu 1 menit, tanyakan kepada seorang yang ketinggalan pesawat terbang.
  • Jika ingin mengetahui pentingnya waktu 1 detik, tanyakan kepada seseorang yang selamat dari kematian di depan mata.
  • Jika ingin mengetahui pentingnya waktu Setengah detik tanyakan kepada seseorang yang meraih medali perak pada sebuah pertandingan olahraga.
Begitulah pentingnya waktu. Mulai sekarang, jangan sampai waktu kita berlalu begitu saja hanya karena kelalaian kita. Apalagi hanya karena kita sibuk menilai dan mengomentari sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika tulisan ini bermanfaat tolong dikomentari yach.....