-->

SMS Gratis

Minggu, 15 April 2012

Sang Pemilik Ilmu

Warami Nurbiyanti**

Kaki terasa berat melangkah, seakan ada seratus paku yang menusuk dikaki. Tidak, bukan seratus paku, tetapi ada seribu makhluk malas yang telah menarik-narik kaki bahkan telah melekat dikaki calon pemilik ilmu. Ketika duduk dengan wajah santai, kita merasa tak perlu berlaku apapun. Hanya duduk berpangku tangan, berlipat kaki, dengan setumpuk masalah. Duduk itu pun masalah, masalah bagi mereka yang kakinya tak biasa diam. Mereka tak senang melihat pemuda-pemudi yang hobbynya DATANG, DUDUK, DIAM. Itulah masalah besar kita saat ini.

Wahai pemuda-pemudi calon Pemilik Ilmu, buka mata selebar-lebarnya, langkahkan kaki mu dengan penuh semangat dan rasa ikhlas. Kelak, akan ringan ketika engkau melangkah, akan menatap masa depan dengan mudah. Ketika makhluk malas menghampiri kita, seharusnya kita hadang mereka dengan lantang kita katakan “ tolong jangan parkir disini ya”, jika memang kita terlanjur parkir dibuang aja jauh-jauh, buang ke jurang aja.
Hamasah Li Tholabul ‘ilmi, Semangat dalam menuntut ilmu. Kemudahan dalam menuntut ilmu akan kita dapat ketika ada rasa ikhlas dan memiliki rasa senang. Bonusnya kelak akan menjadikan kita sebagai Pemilik Ilmu.

Wahai calon Pemilik Ilmu, bersenjatakanlah dengan tongkat dan bambu. Tongkat yang selalu bersamamu, yang engkau letakkan di saku sampingmu, tongkat yang engkau gunakan ketika engkau butuh dan dia akan menopangmu dengan senang hati. Bambu, bambu yang di dalamnya memiliki banyak tempat dan celah-celah yang siap untuk menerima curahan air yang datang dari mana saja. Dengan pena yang sebelumnya hanya engkau letakkan di sudut meja belajarmu, atau hanya engkau letak di saku bajumu. Jika pena itu bisa berkata-kata pastilah dia akan berteriak “ Wahai calon pemimpin bangsa, kenapa engkau tak hiraukan aku disini, engkau hanya memakaiku ketika kau butuh, ketika tintaku habis, isilah aku dengan tinta semangatmu”, menulislah, menulislah, menulislah. Dari menulis engkau akan mendapatkan ilmu. Dan otak kita, otak yang telah Allah titipkan dan di dalamnya begitu banyak tempat untuk menampung ilmu apa saja yang bermanfaat. jangan biarkan otak ini kosong, atau pun berisi tapi isanya segala hal yang negatif. Pena itu akan bergerak dengan bantuan ilmu yang telah diresap oleh otak. Dan pena itu akan menghasilkan tulisan yang sungguh mempesona.

Atas izin-NYA lah ilmu yang kita kejar, kita raih, kita gapai, akan melekat pada diri kita wahai calon Pemilik Ilmu. SELAMAT untuk kalian, pemuda-pemudi yang telah tersenyum lebar, selebar kepakan sayap burung cendrawasih. Kelak kalian akan seperti burung elang yang kuat dan penuh rasa optimis dalam menggapai sesuatu. Itu semua karena kerja keras kalian. Kalian akan melambaikan tangan kepada mereka yang masih saja duduk terpaku dengan seribu makhluk malas yang telah melekat di raga mereka.

Wahai pemuda-pemudi Calon Pemilik Ilmu, nikmatilah kenikmatan yang telah diberikan-NYA. Kalian telah menjadi PEMILIK ILMU SESUNGGUHNYA.


Penulis Sahabat KPK Sintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika tulisan ini bermanfaat tolong dikomentari yach.....