-->

SMS Gratis

Selasa, 30 Oktober 2012

PENGORBANAN DIHARI RAYA KURBAN


Ariyanti  misscabby
Hari Raya Idhul Adha atau yang biasa disebut dengan hari raya kurban merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia. Dimana pada hari tersebut didalamnya terdapat suatu kegiatan yakni penyembelihan hewan ternak (Kurban) dengan tujuan mendapatkan ridho Allah Swt.
Disebut hari raya besar umat islam karena pada hari itu umat islam diseluruh dunia banyak yang menjalankan ibadah haji. Dimana ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang kelima dan hukumnya sunnah muakad. Namun akan menjadi wajib bagi yang mampu (memiliki harta yang cukup untuk melakukan ibadah haji. Dengan berkurban kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. Karena kurban merupakan salah satu ladang amal bagi umat islam
.
Kurban merupakan suatu praktik yang banyak dilakukan dalam berbagai agama. Kurban biasanya dilakukan sebagai persembahan si pemeluk agama kepada sang pencipta. Dalam agama islam ritual kurban merupakan salah satu ritual ibadah pemeluk agama islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang  ternak untuk  dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan dzulhijjah pada penanggalan islam tepatnya pada tanggal 10 dzulhijjah(hari nahar) dan tanggal 11,12 serta 13 dzulhijjah (hari tasyrik) yang bertepatan dengan hari raya kurban. Dengan berkurban kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena kurban merupakan salah satu ladang amal bagi kita semua sebagai umat muslim. Namun, tidak semua yang kita kurbankan akan mendapatkan ridho Allah SWT. Pengorbanan yang ikhlas dan tulus lah yang akan mendapatkan ridho Allah SWT. Walaupun yang kita korbankan hanya sesuatu yang kecil, namun jika kita ikhlas melakukannya insyaallah pengorbanan kita tidak akan sia-sia. Pengorbanan yang sia-sia adalah pengorbanan yang mengharapkan imbalan atau balasan dari orang lain.

Dihari raya kurban ini yang merupakan hari raya besar bagi umat muslim. Sebagai umat muslim kita sehendaknya melakukan ritual penyembelihan hewan kurban. Namun bagi yang mampu saja. Bagi yang kurang mampu sebaiknya jangan dipaksakan. Karena agama islam merupakan agama yang mudah dan tanpa paksaan. Ritual kurban ini hanya wajib dilakukan bagi yang mampu dan yang ikhlas dalam melakukannya. Dengan ritual ini kita akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena kurban merupakan salah satu kebutuhan kita semua akan ridho, rahmat dan ampunan-Nya.

Namun, tidak hanya binatang ternak yang harus kita korbankan. Waktu kita untuk smelakukan segala sesuatu yang bernilai positif dimata Allah SWT juga merupakan salah satu jenis pengorbanan yang tanpa kita sadari telah kita lakukan setiap hari. Misalnya saja sholat, menolong orang lain, meluangkan waktu untuk orang lain dan lain-lain merupakan salah satu contoh pengorbanan kecil yang sering kita lakukan. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim yang insyaallah akan selalu ada dibaeah lindungan Allah SWT sebaiknya jangan pernah melupakan pengorbanan-pengorbana  kecil yang nantinya akan dapat membantu kita diyaumul kiyamah nanti. Marilah beramai-ramai kita berebut ridho Allah SWT. Karena atas rido-Nya lah kita dapat melakukan segala sesuatu dengan tenang dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika tulisan ini bermanfaat tolong dikomentari yach.....