-->

SMS Gratis

Sabtu, 19 Mei 2012

CINTA = KEPEDULIAN

Yahya Muhaimin El Cidamy KPK


Cinta adalah kepedulian. Itulah satu-satunya defenisi cinta yang saya percaya. Setiap orang mungkin memiliki defenisi cinta sendiri, tapi bagi saya semua defenisi cinta berakar pada kepedulian.

Ada yang mendefenisikan cinta sebagai sebuah pengorbanan, sebuah perjuangan, saling memberi, dan lain sebagainya. Marilah kita renungkan sejenak, darimana datangnya rasa rela umntuk berkorban kalau kita tidak peduli? 


darimana datangnya semangat untuk memperjuangkan perasaan kalau kita tidak peduli? dan darimana pula keinginna saling memberi kalau kita tidak saling peduli?

Dalam cinta orang tua kepada anaknya, kita dapat melihat bahwa  kepedulian adalah bentuk cinta yang sebenarnya. Orang tua tidak akan menyekolahkan anaknya bila tidak peduli dengan pendidikan anaknya. Begitu pula cinta Allah kepada hambanya, Allah tidak akan menganugerahi kita begitu banyak nikmat bila Allah tidak peduli kepada hambanya. Pengertian “cinta adalah kepedulian’ berlaku universal. Kepada siapapun cinta itu, maka kepedulianlah  yang menjadi wujudnya. 

Dalam kitabnya, Allah dengan hjelas memeparkan bahwa manusia dan jin tidaklah diciptakan keculai untuk menyembahnya, mengabdi kepadanya.  Saya percaya, bahwa ibadaha adalah sebuah bentuk kepedulian. Seseorang akan melaksanakan ibadah adalah mereka yang peduli dengan perintah dari Allahnya. Sekali lagi, ini jelas menunjukkan bahwa cinta adalah kepedulian. 

Hidup untuk cinta, dan cinta untuk hidup. Kalimat ini sudah sekian lama menjadi pegangan bagi saya. Karena saya percaya, bahwa kehidupan itu ada karena adanya cinta. Bukankah kehidupan itu ada karena cintanya Allah kepada hambanya? . Begitu pula jika ditilik dari asal susul kelahiran kita. Bagaimana kita akan lahir ke dunia dan merasakan hidup bila tidak ada cinta diantara kedua orang tua kita.  Berkaitan dengan kalimat hidup untuk cinta  kita kembali ke firman Allah yang mengatakan bahwa manusia diciptakan untuk beribadah. Sudah dibahas pula bahwa ibadaha adalah bentuk dari kecintaan kita kepada Allah. Dengan kata lain bahwa Allah menciptakan manusia untuk mencintai, mencitai Allah, Mencintai Rasul, bahkan mencintai sesama manusia karena Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika tulisan ini bermanfaat tolong dikomentari yach.....